Pages

Ads 468x60px

Rabu, 11 September 2013

Backpacking Pulau Bali

Backpacking Pulau Bali

Berlibur ke Bali? Hmm..cukup menggoda memang. Tapi sering terlintas dalam pikiran kita kalau liburan ke Bali sama saja menghambur-hamburkan uang. Bagi kita yang berada di Jawa Tengah mungkin berpikir berlibur ke Bali memerlukan biaya di atas 1 juta. Tapi benarkah? Ya jawabannya tergantung. Jika kita mau menggunakan pesawat, penginapan mewah ya pasti jauh lebih dari 1 juta. Tapi bagaimana jika liburan ke Bali ala backpacker? Untuk 3 hari 2 malam di Bali rasanya 500 ribu saja sudah cukup. Bagaimana caranya? Let's check this out :D

How to get there?

Oke kita ambil titik awal dari Jogja.
  1. Gunakan kereta api ekonomi Sri Tanjung dari Lempuyangan. Berangkat pukul 7.30 dan sampai stasiun Banyuwangi Baru sekitar 21.15 dengan biaya Rp 38.000
  2. Jarak stasiun Banyuwangi Baru ke pelabuhan Ketapang hanya sekitar 20 menit jalan kaki.
  3. Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk beroperasi 24 jam. Kalian bisa langsung ikut penyeberangan selanjutnya. Tarif penyeberangan Rp 6.000 dengan lama tempuh 1 jam.
  4. Saat dalam penyeberangan saat sarankan cari bus dalam kapal yang ke arah Denpasar, karena jika kita mencari bus di pelabuhan Gilimanuk mereka akan menunggu sampai bus penuh baru bisa berangkat.
  5. Biaya bus sampai Denpasar Rp 30.000 dengan lama tempuh sekitar 4 jam. Tapi sekarang sudah beroperasi terminal baru di daerah Mengwi dan semua bus yang biasanya sampai terminal Ubung (Denpasar) hanya sampai terminal Mengwi saja.
  6. Dari terminal Mengwi kita bisa naik angkutan kota sampai terminal Ubung dengan biaya Rp 5.000. Kemudian untuk mencapai Kuta kita masih harus naik angkutan kota dari Ubung ke Tegal, kemudian dari Tegal ke arah Kuta dengan biaya masing2 Rp 6.000.
 How to stay?

Untuk penginapan paling rekomendasi adalah losmen Arthawan. Lokasinya strategis dan hanya butuh waktu 10 menit jalan kaki untuk mencapai pantai Kuta. Untuk menginap 1 hari hanya dikenakan biaya Rp 60.000/orang dan Rp 90.000/2 orang dan sudah termasuk makan pagi. Menu makan pagi dapat memilih antara roti dengan telur atau Banana Pancake ditambah dengan salad buah (pisang + nanas). Sedangkan pilihan minumnya teh atau kopi. Fasilitas kamar ada kasur, meja, lemari, kipas angin, kamar mandi.
NB: Penginapan ini memang menyediakan banyak kamar, tapi sering sekali penuh. Saran saya mending datang sekitar pukul 10:00 WITA, biasanya jam segitu pengguna kamar mulai check out.
Letak penginapan: Ikuti Legian Street sampai Monumen Bom Bali 2, kemudian belok di gang pertama di sebelah kanan (Poppies Lane 2) jalan terus sekitar 300 m, kemudian di sebelah kiri ada tulisan "losmen Arthawan".

Monumen Bom Bali 2



How to eat?

Untuk makan kita bisa membeli nasi bungkus yang dijual keliling oleh warga sekitar. Harga nasi bungkus (nasi+sayur+potongan kecil ayam/ati/telor) Rp 3.000. Mereka biasa berjualan lewat Poppies Lane, Legian Street, atau jalan di sepanjang pantai Kuta. Kalau malam hari mereka ga jualan, jadi kalau pengin hemat mending beli saat sore hari biasanya di jalan sepanjang pantai Kuta. Atau kalau ga mending beli masakan padang, nasi+sayur+tempe/tahu Rp 7.000 di Legian Street. Untuk makanan ringan atau air mineral bisa beli di Arthawan Minimart (kalau ga salah namanya) di depan losmen Arthawan, harganya di situ lumayan murah dibanding dengan yang lain.



How to Explore?

Untuk menjelajahi tempat-tempat wisata di Bali paling murah dan mudah ya menggunakan motor. Biaya sewa motor Rp 40.000/hari. Kita bisa patungan berdua dengan teman kita. Untuk penyewaan motor, di sepanjang Poppies Lane banyak yang menawarkan.


Berikut beberapa objek wisata di Bali
  • Pantai Kuta (biaya masuk: gratis)
Pantai ini sudah sangat terkenal di mancanegara. Walaupun banyak sekali pengunjung yang datang tiap harinya, pantai ini tetap bersih dan terawat dengan baik. Dan momen terbaik mengunjungi pantai ini adalah sore hari, sembari menkmati indahnya sunset :)





  • Pantai Padang-Padang (biaya masuk: gratis)
Pantai ini mungkin tak seterkenal pantai Kuta, tapi keindahannya dapat disandingkan dengan pantai Kuta. Terletak di kawasan Pecatu, sekitar 1 jam dari Kuta. Pantai ini sebagai lokasi shooting Julia Roberts di Eat Pray Love. Pantai Padang-Padang dikenal sebagai "One of the best surf spots in Bali". Ombaknya sempurna bagi para surfer kelas dunia karena dasar lautnya berupa batu karang sehingga bisa menghasilkan barrel wave sempurna dan saya beruntung karena datang waktu event tahunan surfing "Rip Curl Cup".


  • Tanah Lot (biaya masuk: Rp 10.000/orang)
 Obyek wisata tanah lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 30 menit ke arah barat laut dari Kuta. Di sebelah utara pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat sunset, turis-turis biasanya ramai pada sore hari untuk melihat keindahan sunset di sini.



  • GWK (biaya masuk: Rp 25.0000/orang)
 Merupakan taman budaya yang berada di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung sekitar 30 menit ke arah selatan dari Kuta. Di sini kita bisa melihat patung Dewa Wisnu yang rencananya akan dibuat menunggangi garuda setinggi 12 meter dan akan menjadi landmark Bali. Kompleks GWK sendiri cukup luas, dan kita bisa melihat pertunjukan tari Kecak sekitar pukul 18.30 s/d 19.30 WITA di Amphitheatre dengan gratis.


  • Uluwatu (biaya masuk Rp 4.000/orang)
Di sini kita bisa melihat pura yang berdiri kokoh di atas batu karang setinggi 50 meter. Di sini berkeliaran monyet2 liar yang terkadang nakal dengan mengambil makanan ataupun barang bawaan kita lainnya. Di sore hari kita bisa melihat sunset sembari menikmati pementasan tari Kecak.


  • Kintamani (biaya masuk: Rp 10.000/orang)
Kintamani adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bangli dan merupakan kawasan wisata pemadangan alam di Bali. Objek ini menawarkan suasana perbukitan yang sejuk dengan pemandangan Gunung dan Danau Batu.


  • Pantai Sanur (biaya masuk: gratis)
Berada di sebelah timur Denpasar, sekitar 1 jam perjalanan dari Kuta. Karena letaknya yang berada di sebelah timur, pantai ini biasa digunakan sebagai spot untuk melihat sunrise.



  • Pasar Sukawati (biaya masuk: gratis lah -___-)
Pasar ini sebagai tempat membeli oleh-oleh khas Bali. Karena pasar, jadi tawar menawar harga mutlak harus dilakukan. Lakukan tawaran harga di sekitar 1/3 dari harga yang ditawarkan, karena katanya sih harga aslinya sekitar itu. Dan katanya sih kalau pengin dapat harga murah dan tak terlalu alot dalam tawar menawar datang lah di pagi hari sekitar jam 8-10 karena biasanya para pedagang baru selesai sembahyang dan menurut kepercayaan mereka jika dagangan laku di pagi hari akan membawa kelarisan untuk jam-jam berikutnya.


  • Bedugul (biaya masuk: Rp 7.000/orang)
 Bedugul merupakan objek wisata alam berupa pegunungan dan danau. Tempatnya yang tinggi membuat daerah ini selalu diselimuti kabut dan berhawa dingin. Daerah Bedugul adalah bagian dari kabupaten Tabanan dan berjarak kurang lebih 2 jam dari Kuta.


How much cost? (untuk perjalanan 2 orang)

Transportasi Jogja-Banyuwangi (PP)                                                        = 38.000x2
                                                                                                                   = 76.000
Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk (PP)                                                = 6.000x2
                                                                                                                   = 12.000
Gilimanuk-Denpasar (Mengwi) (PP)                                                        = 30.000x2
                                                                                                                   = 60.000
Mengwi-Ubung                                                                                         = 5.000
Ubung-Kuta                                                                                               = 6.000x4
                                                                                                                   = 24.000
Penginapan (3 hari 2 malam)                                                                    = 45.000x2
                                                                                                                  = 90.000
Sewa motor (2 hari)                                                                                  = 40.000
Makan                                                                                                       = 5.000x12
                                                                                                                  = 60.000
Minum+snack                                                                                           = 30.000
Bensin+biaya masuk kintamani, bedugul, uluwatu, GWK                      = 70.000 +
Total                                                                                                          = 467.000

See..? Ga mahal kalau mau berlibur ke Bali. Hanya dengan 500 ribu sudah cukup membawa kita berlibur ke Paradise Island :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text